Ternyata Bayar BPJS Secara Online Lebih Cepat Dan Aman

0
67

SSP© blog – Kesehatan merupakan faktor penting bagi kehidupan manusia. Dengan sehat, aktivitas dan rutinitas sehari-hari dapat dengan lancar dilakukan. Munculnya BPJS lantas diharapkan masyarakat untuk mendapatkan akses kesehatan lebih mudah. Saat ini, pemerintah mewajibkan seluruh rakyat indonesia bahkan warga asing (yang sudah bekerja di indonesia paling tidak 6 bulan) menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikeloka oleh BPJS. Tentunya dengan adanya BPJS ini, masyarakat sangat mengharapkan untuk mendapatkan berbagai kemudahan dalam berobat termasuk kemudahan dalam membayar bpjs online maupun offlline.

Jika anda sudah terdaftar sebagai anggota BPJS maka pastikan anda dapat membayar tepat waktu. Ketentuan nya adalah anda diharuskan membayar BPJS baik secara online maupun offline paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, lewat dari tanggal tersebut anda dapat terkena denda dengan besaran 2 persen dari jumlah iuran. Jumlah bulan tunggakan juga dibatasi yakni paling banyak 12 bulan dan juga denda paling tinggi adalah maximal 30 juta rupiah.

Bayar BPJS online maupun offline dapat dibayarkan setiap bulannya dengan besaran tarif pembayaran sesuai kategori (tingkat kelas) yang dipilih saat mendaftar. Tingkatan kelas tersebut dibagi menjadi 3 yakni kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. masing-masing kelas memiliki tarif biaya yang berbeda.

BERAPA SIH BESAR IURAN/PEMBAYARAN BPJS?

spp-bayar-bpjs-online

Bagi anda yang ingin mendaftar BPJS atau sekedar ingin tahu berapa besaran bayar biaya iuran BPJS, penting untuk mengetahui iuran pada tiap kelasnya karena tarif iuran yang berbeda-beda antara biaya iuran satu dengan yang lain. Biaya yang harus dibayarkan mengacu pada besaran tarif yang ditetapkan sesuai perpres RI no.19 tahun 2016 yakni:

  • Kelas 1: 80.000 ribu rupiah

Tarif ini naik menjadi sebesar 80.000 rupiah dari yang sebelumnya berkisar 59.000. tarif ini naik pada tanggal 1 april 2016 setelah presiden menyetujui untuk menaikkan tarif BPJS kesehatan yang didasari oleh peraturan presiden nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan peraturan presiden nomor 12 tahun 2013 tentang jaminan kesehatan. Jika anda terdaftar pada kelas 1, tentu anda dapat bayar bpjs secara online maupun offline.

  • Kelas 2 : 51.000 ribu rupiah

Tarif ini naik menjadi sebesar 51.000 rupiah dari yang sebelumnya berkisar 42.500. perbedaan dengan kelas 1 adalah pelayanan yang didapat yakni jika BPJS kelas 1 mendapat 2-4 kamar, maka peserta bpjs kelas 2 mendapatkan 2 tempat tidur dalam satu ruangan. Banyaknya tempat tidur ini menyesuaikan kondisi dengan faskes atau fasilitas kesehatan yang menaungi pengguna bpjs itu sendiri. Tentunya anda yang terdaftar pada kelas 2 dapat membayar bpjs online maupun offline

  • Kelas 3 : 25.500 ribu rupiah

Berbeda dengan kelas 1 dan 2, tarif pada kelas 3 ini tidak mengalami kenaikan yakni masih pada nominal 25.500 rupiah. Tarif ini tidak mengalami kenaikan lantaran banyak pengguna BPJS pada kelas ini yang memiliki strata ekonomi yang rendah. Namun walau begitu, anda tetap dapat membayar bpjs online maupun offline agar lebih mudah dan cepat dalam pembayaran. Fasilitas yang didapat dari kelas 3 yakni kamar inap satu ruangan yang terdiri 4-6 tempat tidur. Namun, fasilitas tersebut tetap bisa saja bertambah tergantung keadaan atau memang fasilitas kesehatan tempat itu memang lebar.

Baca Juga: 6 Hal Ceroboh Ini Sebabkan Akun Mudah Dihack

Pilihan Umum Pembayaran BPJS

Untuk membayar BPJS saat ini tedapat berbagai pilihan pembayaran yang dapat anda pilih. anda dapat membayar iuran BPJS dengan berbagai cara baik itu bayar BPJS online maupun offline. Pilihannya dapat dipilih sebagai berikut:

  1. Bayar BPJS melalui loket fisik

Ini adalah cara tradisonal pembayaran BPJS. Anda dapat mendatangi kantor BPJS langsung pada cabang masing-masing yang berada pada daerah tempat tinggal anda. Namun, tentunya anda harus juga meluangkan waktu untuk pergi ke tempat tersebut dan belum lagi antri yang harus anda lakukan ketika melakukan pembayaran BPJS.

  1. Bayar BPJS melalui atm

Saat ini atm dapat juga digunakan untuk bayar BPJS. Dengan atm, anda dapat membayar tanpa harus mengeluarkan uang tunai. Pastinya dengan memakai saldo anda untuk biaya pembayaran bpjs. Namun, ketahui betul tata cara pembayaran melalui atm supaya tidak kebingungan saat ingin melakukan pembayaran iuran bpjs. Pastikan juga atm yang anda pakai sudah bekerja sama dengan bpjs itu sendiri karena tidak semua atm dapat melakukannya. Tentunya, anda juga harus meluangkan waktu untuk pergi ke atm dan mengantri jika saat kondisi tertentu sedang banyak orang memakainya.

  1. Bayar BPJS online melalui aplikasi

Tentu anda yang membaca artikel ini pasti sudah menggunakan smartphone. Sudah banyak aplikasi dalam smartphone yang menyediakan pilihan pembayaran untuk bayar BPJS online. Era digital memungkinkan layanan BPJS dapat terintegrasi secara online pada platform aplikasi. Memilih aplikasi yang kredibel tentu wajib anda perhatikan sebagai alat bantu pembayaran yang cepat dan aman khususnya pembayaran BPJS online.

Memilih aplikasi yang kredibel juga dapat anda lihat dari terdaftarnya aplikasi tersebut dalam OJK maupun BI. Seperti contoh SSP yang sudah terdaftar resmi di Bank Indonesia sebagai penyelenggara transfer dana. Ini membuktikan bahwa aplikasi tersebut resmi dan berijin yang tentu dapat menambah tingkat kepercayaan anda dalam menggunakan aplikasi untuk pembayaran.

Cara Aman Dan Cepat Bayar BPJS

cara-cepat-aman-bayar-bpjs-online-ssp

Banyaknya pilihan pembayaran tentu lebih menambah variasi pembayaran dan makin memudahkan anda guna melakukan pembayaran BPJS. Anda tinggal memilih mana yang menurut anda paling nyaman anda lakukan. Namun, jika ada pilihan pembayaran BPJS yang cepat dan aman , kenapa harus pilih yang lain?

Dari bab pilihan pembayaran bpjs tadi, dapat disimpulkan bahwa bayar BPJS online adalah cara paling aman dan paling cepat untuk melakukan pembayaran BPJS. Kenapa? Karena saat ini hampir sebagian besar layanan pada instansi pemerintah sudah mulai masuk dan merambah platform digital. Dengan ini tentu anda dapat melakukannya kapan dan dimanapun diseluruh indonesia selama anda memiliki akses internet.

Ketika anda dalam perjalanan, anda tinggal mengambil handphone anda untuk melakukan pembayaran BPJS. ketika anda baru saja pulang dari bekerja, anda dapat langsung bayar BPJS online hanya dengan membuka handphone saja tanpa harus menuju ke loket pembayaran. Tidak di haruskan bagi anda harus membayar di loket BPJS, karena melalui aplikasi tersebut anda bisa membayar iuran BPJS bahkan dimanapun diseluruh indonesia

Pastikan juga aplikasi yang memang sudah terpercaya dalam melakukan transaksi khususnya BPJS. Pastikan aplikasi pembayaran anda memiliki official website maupun sosmed untuk anda dapat lebih mempercayai aplikasi pembayaran BPJS. Pastikan juga aplikasi tersebut memilki infrastruktur sistem yang aman untuk mencegah bahaya hackinig, phising dan semacamnya guna pengamanan setiap transaksi. Karena di era digital indonesia yang pesat saat ini sudah banyak kasus hacking, phising dan semacamnya yang tentu sangat merugikan para penggunanya.

Dengan pilihan memakai aplikasi, anda sudah ”menyelamatkan” waktu anda dari pemborosan waktu. Tentunya ini juga dapat digunakan lagi untuk membayar bpjs di lain waktu pada bulan berikutnya, cukup melalui handphone saja. Yuk, bayar BPJS online dengan SSP sekarang juga.

Artikel Menarik Lainnya: Waspadai Skimming Demi Keamanan Pembayaran Online Anda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here