SSP© Blog – Sebelum era teknologi makin berkembang, sebelum makin mudahnya orang-orang mendapatkan dan memiliki gadget, sebelum dan saat masih orang-orang masih melakukan transaksi jual beli dengan cara tradisional, sebelum istilah eCommerce dan toko online masih jamak asing di telinga banyak orang. Istilah payment gateway di Indonesia masih sangatlah asing terdengar. Atau istilah payment gateway di bahasa Indonesia ialah gerbang pembayaran. Di zaman sekarang, di mana kemudahan pengoperasian gadget dan makin banyaknya pertumbuhan eCommerce atau jual beli online, maka istilah tentang payment gateway mulai dikenal banyak orang. Tulisan ini akan membahas bagaimana payment gateway begitu penting di era eCommerce yang kian pesat pertumbuhannya.

Ada sisi lain kenapa payment gateway begitu penting dan menjamur di era sekarang. Adalah karena kecenderungan orang-orang menggunakan gadget dan terkoneksi dengan internet, menjadikan kemalasan ketika harus berbelanja secara langsung ke pusat-pusat perbelanjaan. Orang-orang yang melakukan transaksi jual beli secara langsung dengan mendatangi toko, mal, atau ruko dirasa makin kurang praktis. Mal atau pusat perbelanjaan saat-saat ini hanya sebatas untuk cuci mata atau untuk menonton bioskop atau untuk sekadar makan siang saja. Urusan belanja barang atau sandang? Kini banyak yang melirik ke layanan online.

Perubahan pola berbelanja orang-orang dari transaksi langsung ke transaksi maya di dunia eCommerce, maka perkembangan dari sisi teknologi dan keamanan bagaimana proses transaksi nantinya makin pesat. Teknologi sekarang ini yang sudah canggih dan menawarkan sistem pembayaran canggih bernamakan Payment Gateway.

hal yang perlu diketahui tentang payment gateway
hal yang perlu diketahui tentang payment gateway

Apa itu payment gateway?

Payment gateway ialah suatu sistem yang menjembatani suatu proses pembayaran dari pembeli ke penjualnya. Biasanya penggunaan jembatan pembayaran ini adalah suatu toko online yang terpercaya dan memiliki pasar tersendiri di dunia eCommerce. Payment gateway ini adalah semacam sistem otorisasi tersendiri. Sehingga apabila Anda tengah melakukan transaksi online dengan suatu toko online, dengan menggunakan payment gateway di Indonesia dapat untuk menerima pembayaran (dananya dikirim lewat rekening Anda) atau untuk melakukan transfer dana (uang dari rekening Anda dikirim ke tempat lain). Biasanya layanan payment gateway bersifat aktual atau real time dan sudah diproses secara aman dari segi security payment gateway-nya.

Toko-toko online yang besar dan terpecaya biasanya bekerja sama dengan payment gateway di Indonesia. Karena memang tidak sembarang atau semua toko online memiliki gerbang pembayaran tersebut, dikarenakan layanan payment gateway membutuhkan akses dan syarat-syarat khusus agar toko online dapat memperoleh dan akses fasilitas payment gateway. Sehingga, di dunia eCommerce apabila suatu toko online sudah ada layanan payment gateway untuk kemudahan customer-nya, maka dapat dipastikan toko online tersebut bisa dipercaya untuk kemudahan transaksi dan keamanannya.

Manfaat dari payment gateway bagi penjual dan pembali

Dengan menggunakan payment gateway yang mempunyai spesialisasi dalam mengurusi hal pembayaran. Maka tentu dengan memanfaatkan teknologi tersebut ada manfaat bagi pihak toko online dan calon-calon konsumernya. Apa saja?

Keuntungan bagi pembeli yang menggunakan Payment Gateway dari toko online di Indonesia

  1. Calon pelanggan tentu akan mudah percaya akan keamanan apabila pihak toko online menggunakan payment gateway.
  2. Calon pelanggan dapat langsung segera melakukan transaksi ke pihak layanan payment gateway dengan mudahnya.

Keuntungan bagi penjual / toko online yang menggunakan Payment Gateway di Indonesia

  1. Cepat dan mudah saat penjual memeriksa pembayaran dari pembeli.
  2. Toko online tidak perlu repot menyediakan banyak rekening dari berbagai bank. Karena banyak fasilitas payment gateway sudah mempunyai banyak rekening bank. Sehingga toko online cukup memiliki satu rekening bank, karena nanti dari payment gateway akan dapat menyalurkannya ke satu rekening tersebut.
  3. Payment gateway memiliki teknologi canggih yang dapat memastikan transaksi online aman sehingga dapat menjaga rahasia data dan informasi dari konsumen. Fitur canggih lainnya adalah Anda dapat menerima pembayaran lewat kartu kredit semacam BCA Klikpay, Mandiri Clickpay, CIMB Clicks dan e-Pay BRI, dan ada pula e-Wallet (t-cash dan XL Tunai), hingga bank transfer.
  4. Fitur payment gateway biasanya juga dilengkapi dengan dashboard yang user friendly. Sehingga bisa memudahkan dengan adanya dashboard yang menunjang toko online tersebut.
  5. Ada juga payment gateway yang menggunakan teknologi fraud detection di mana dapat mencegah terjadinya kecurangan dalam transaksi toko online.

Fitur dan teknologi di atas biasanya sudah menjadi hal lumrah yang ada di banyaknya sistem pembayaran payment gateway di Indonesia. Sehingga berbagai keuntungan di atas dapat membuat transaksi online menjadi hal yang dominan pada masa mendatang. Dan pada akhirnya pertumbuhan bisnis di ranah eCommerce menjadi terus berkembang.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan