Payment Gateway Berperan Penting dalam Kesuksesan Bisnis Online Anda

1
97
Payment gateway

SSP© Blog – Payment gateway adalah semacam penghubung antara Anda sebagai customer pengguna kartu kredit dengan situs ecommerce sebagai penjual dan bank sebagai otoritas transaksi. Dikutip dari Due.com, payment gateway dapat didefinisikan sebagai jasa yang mengirim seluruh transaksi kartu kredit Anda kepada prosesor kartu kredit. Kemudian, jasa tersebut akan memberi tahu bahwa transaksi telah diotorisasi dan dapat dilanjutkan.

Dalam praktiknya, payment gateway ini tampak sederhana, terutama jika dilihat dari sudut pandang pengguna. Namun, dalam hal prosedur dan bagaimana jasa tersebut bekerja, payment gateway dapat dikatakan memiliki proses yang kompleks. Sebagai pengguna, Anda tentu tidak perlu banyak memikirkan apa yang terjadi antara penyedia payment gateway dengan bank. Yang penting transaksi yang Anda lakukan aman dan mudah.

Otorisasi Adalah Peran Utama Payment Gateway

Payment gateway adalah proses akhir dari sebuah transaksi. Tanpa payment gateway, proses transaksi tidak akan pernah terselesaikan. Sebagai pembeli, pembelian yang Anda lakukan tidak akan pernah terjadi. Begitu juga sebagai penjual, penjualan yang Anda lakukan tidak akan pernah terjadi. Peran utama payment gateway adalah sebagai pihak yang melakukan otorisasi transaksi antara Anda dengan penjual atau antara Anda dengan pembeli.

Tujuan otorisasi tersebut tentu saja mengamankan proses transaksi yang dilakukan. Penyedia jasa payment gateway akan memastikan transaksi yang dilakukan Anda melalui kartu kredit dengan penjual online aman dari risiko pencurian data dan transaksi gelap yang dilakukan tanpa sepengetahuan pengguna. Selain sebagai pengaman transaksi, penyedia jasa payment gateway juga menyediakan beragam layanan pendukung.

Payment Gateway Sangat Penting untuk Pebisnis Online

Payment gateway

Jika Anda seorang pemula dan hendak terjun ke dunia bisnis online, menggunakan jasa payment gateway adalah sebuah keharusan. Dengan payment gateway semua proses transaksi online Anda akan lebih aman dan lebih mudah dikelola. Selain itu, tidak ada cara lain menerima pembayaran kartu kredit melalui internet selain melalui jasa payment gateway. Dari sana saja, peran payment gateway untuk pebisnis online sangat vital.

Jika payment gateway merupakan hal yang penting, Anda tidak boleh sembarangan memilih penyedia jasa payment gateway. Untuk skala nasional, Anda bisa memilih SSP sebagai penyedia jasa payment gateway Anda, baik sebagai pelanggan maupun pebisnis online. Melalui SSP, Anda akan dengan mudah melakukan beragam transaksi, termasuk melakukan transfer bank, pembelian tiket kereta api, dan pembayaran tagihan listrik PLN.

Anda bisa memilih penyedia jasa payment gateway yang menyediakan layanan pendukung. Beberapa layanan pendukung pada jasa payment gateway diantaranya Payment Information Storage, Recurring Billing, Virtual Terminal, PCI Compliance, API Tools and Developer Information. Selain layanan pendukung, beberapa layanan payment gateway menyediakan juga tools terintegrasi yang berkaitan dengan bisnis, keuangan, dan penjualan.

Nasional Ketimbang Internasional

PayPal dan beragam payment gateway internasional lainnya memang menjadi rekomendasi banyak orang. Namun, apakah tidak semua payment gateway internasional tersebut sudah terintegrasi dengan ecommerce lokal? Jawabannya tentu saja belum tentu. SSP merupakan payment gateway yang sudah terintegrasi dengan bank maupun beragam layanan lokal. Anda tidak akan kesulitan melakukan beragam transaksi digital lokal.

Ketika memilih penyedia jasa payment gateway Anda harus memfokuskan pilihan pada penyedia jasa yang menyediakan kemudahan dan keamanan transaksi. Memilih penyedia jasa payment gateway merupakan hal yang dapat menentukan kesuksesan bisnis online Anda. Payment gateway adalah penentu kesuksesan bisnis. Hal tersebut bukan omong kosong, paling tidak dalam sudut pandang kemudahan dan keamanan transaksi.

Artikel menarik lainnya : Payment Gateway Permudah dan Membuat Transaksi Lebih Aman

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here