Payment Gateway Permudah dan Membuat Transaksi Lebih Aman

0
129
payment gateway

SSP© Blog – Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia bisnis, khususnya ecommerce sejak lama, pasti sudah tidak asing dengan istilah payment gateway.

Dikutip dari Bigcommerce, payment gateway adalah layanan atau jasa yang memporses pembayaran kartu kredit untuk situs ecommerce dan toko jual-beli tradisional lainnya. Payment gateway dapat Anda bayangkan sebagai mesin kasir untuk transaksi elektronik.

Sebagaimana mesin kasir pada umumnya, mesin tersebut harus aman dan mudah untuk digunakan. Anda pasti pernah atau bahkan sering mendengar perusahaan pembayaran online semacam PayPal atau SSP? Jika ya, itulah contoh perusahaan yang menyediakan payment gateway. Sebenarnya, apa fungsi dari payment gateway dan seberapa pentingkah jasa payment gateway dalam transaksi online?

Keamanan Adalah Fungsi Utama Payment Gateway

Keamanan merupakan hal penting yang pasti dicari siapapun ketika bertransaksi online. Payment gateway persisinya menawarkan hal tersebut. Payment gateway berfungsi membuat transaksi yang Anda lakukan lebih aman dan lebih terfokus.

Dengan menggunakan payment gateway, transaksi yang Anda lakukan terhindar dari beragam risiko keamanan. Selain itu, Anda akan lebih mudah mengatur transaksi karena transaksi menjadi lebih terfokus.

Bagaimana cara payment gateway mengamankan transaksi Anda? Bigcommerce mengungkapkan, terdapat 3 langkah proses pengamanan transaksi yang dilakukan oleh payment gateway. Berikut ketiga proses pengamanan tersebut.

1. Enkripsi

Proses enkripsi terjadi antara aplikasi yang dipakai pengguna dengan server penjual. Sebuah payment gateway akan mengenkripsi data untuk digunakan secara eksklusif antara penjual dan pembeli. Dengan kata lain, data tersebut hanya diketahui oleh penjual dan pembelinya saja.

2. Request

Permintaan otorisasi terjadi ketika payment processor mendapatkan persetujuan dari perusahaan kartu kredit atau lembaga finansial terkait dengan transaksi yang dilakukan. Artinya, transaksi yang dilakukan harus benar-benar aman dan melibatkan pihak terkait.

3. Fulfillment

Setelah payment gateway mendapatkan otorisasi, proses transaksi dapat dilanjutkan. Website atau aplikasi uang Anda pakai bertransaksi akan melanjutkan proses transaksi ke tahap selanjutnya.

Payment gateway adalah semacam pengawal transaksi yang memastikan transaksi Anda aman dari risiko diretas atau terjadinya transaksi tanpa sepengetahuan pengguna. Ketiga proses pengamanan yang dilakukan membuat data transaksi aman dan terhindar dari risiko ada yang ‘mengintip’. Sebuah penyedia jasa payment gateway juga ditawarkan dengan beragam layanan lainnya.

Selain sebagai pengaman, payment gateway juga menyediakan jasa menghitung pajak, memberikan rekomendasi-rekomendasi transaksi, dan menjadi media sentral pembayaran atau transaksi online yang Anda lakukan. Di era digital dimana transaksi yang dilakukan semakin cepat namun berisiko, payment gateway memegang peran penting dalam keamanan dan kemudahan transaksi Anda.

Payment Gateway Sudah Mendukung Transaksi Lokal

Anda pasti sudah sering mendengar PayPal dan reputasinya sebagai payment gateway online. PayPal merupakan perusahaan payment gateway yang paling populer dengan jumlah pengguna yang masif. Perkembangan ecommerce membuat banyak pemain baru muncul sebagai pesaing PayPal. Adakah penyedia jasa payment gateway lokal yang direkomendasikan? Jawabannya tentu saja ada.

Apakah jasa payment gateway lokal diperlukan? Saat ini, menit ini, dan detik ini, jawabannya ya. Banyak perusahaan dalam negeri yang sudah mengintegrasikan layanannya dengan penyedia jasa payment gateway. Dengan demikian, melalui payment gateway tersebut, Anda dapat melakukan beragam transaksi untuk layanan lokal, diantaranya pembayaran tagihan listrik, pembelian pulsa, dan termasuk pembelian tiket peswat.

Payment gateway adalah cara termutakhir bagi Anda untuk melakukan transaksi mudah, cepat, dan aman. Perusahaan lokal mana yang direkomendasikan? Anda bisa menggunakan payment gateway dari SSP.

SSP atau Secure System of Payment menyediakan layanan payment gateway di Indonesia. Dengan menggunakan SSP, Anda dapat melakukan beragam pembayaran dari mulai pulsa, paket data, token listrik PLN, hingga transfer dana antarbank.

Artikel penting lainnya: Manfaat Transaksi Payment Gateway dengan SSP©

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here