Payment Gateway

Mengenal Payment Gateway di Indonesia dari Pengertian, Aspek, dan Manfaat

Popularitas jual-beli online mendorong inovasi teknologi pembayaran yang canggih salah satunya dengan hadirnya sistem payment gateway. Tapi istilah tersebut tampaknya belum banyak dikenal di Indonesia. Padahal, sistem ini sudah banyak diproduksi di Indonesia.

Payment gateway kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi gerbang pembayaran. Sistem pembayaran online ini menyediakan jembatan pembayaran antara pembeli dan penjual.

Sistem ini diciptakan sebagai sistem otorisasi tersendiri. Pembayaran ini berlaku juga antara sesama user ketika transfer uang ke akun maupun rekening user penerima.

Sistem payment ini hadir dalam aplikasi pembayaran online yang bisa kita unduh ke smartphone. Adanya sistem payment ini mempermudah transaksi.

Dengan aplikasi pembayaran online ini, kita dapat menerima pembayaran ke rekening atau aplikasi pembayaran kita. Selain itu, kita juga bisa mengirim uang atau transfer ke rekening atau akun pengguna aplikasi sejenis yang lain. Aktivitas transaksi dengan aplikasi ini sifatnya real time.

Sistem Payment Gateway Sekaligus PPOB

Aplikasi pembayaran online diciptakan untuk memenuhi kebutuhan user akan kemudahan transaksi online dan pembelian pulsa, token listrik, tiket pesawat, dan sebagainya. Ini artinya aplikasi pe menawarkan dua fungsi sekaligus, yaitu sebagai payment gateway dan PPOB.

Payment gateway berfungsi sistem pembayaran online untuk mempermudah transaksi penjual dan pembeli. Sementara PPOB fungsinya mempermudah membayar beberapa tagihan seperti telepon, PLN, asuransi kesehatan, membeli pulsa, tiket pesawat, dan sebagainya.

Sampai sini bisa dibayangkan bahwa aplikasi pembayaran online yang melayani payment gateway sekaligus PPOB cukup bisa mengganti fungsi bank. Dengan aplikasi pembayaran semacam itu, kita tidak perlu berkali-kali pergi ke bank untuk transfer uang. Kita juga tidak perlu ke ATM untuk membayar tagihan. Kita tidak perlu juga ke toko tiket atau konter pulsa untuk membeli tiket pesawat dan pulsa online.

Payment Gateway di Indonesia yang Menjamin Keamanan Transaksi

pembayaran online payment gateway

Kamu bisa merasakan kemudahan dan kecepatan pembayaran dengan aplikasi payment. Namun tidak hanya kemudahan dan kecepatan yang kamu butuhkan. Kamu juga berhak merasakan keunggulan dalam aspek security atau keamanan.

Sistem keamanan diinstall dalam aplikasi payment gateway di Indonesia bukan tanpa alasan. Indonesia menjadi salah satu negara target kejahatan siber. Pelaku mencari target nasabah untuk membobol rekening dan menguras saldo mereka. Kita masih ingat beberapa waktu yang lalu sempat heboh pemberitaan saldo berkurang secara misterius yang dialami sejumlah nasabah bank ternama.

Pencurian saldo bisa dilakukan dengan metode skimming dan phising. Skimming yaitu merekam data pada pita kartu ATM kemudian data tersebut dimanfaatkan untuk menarik saldo korban secara ilegal.

Sementara phising ini diambil dari istilah fishing yang berarti memancing. Phising dilakukan dengan menggiring pengguna internet untuk menginput data penting seperti nama lengkap, username, password, dan PIN suatu website. Website ini bisa media sosial dan juga platform internet banking. Korban phising bisa digiring dengan iming-iming hadiah atau diskon.

Kejahatan bisa juga dilakukan dengan mengirim spyware yang mana mampu merekam aktivitas pengguna gadget, termasuk saat mengakses internet banking maupun mobile banking. Data rekaman tersebut kemudian dimanfaatkan untuk meretas akun korban.

Itu sekilas mengenai beberapa modus operandi yang bisa dilakukan pelaku kejahatan siber untuk menguras saldo nasabah. Maka sudah sepantasnya bagi kita semua untuk memperhatikan aspek keamanan ini.

Dengan aplikasi payment yang memberikan keamanan absolut, kamu tak perlu khawatir lagi dengan kejahatan tersebut. Berikut ini adalah kelebihan payment gateway menjamin keamanan.

1. Aman dari Phising

Segala aktivitas di payment gateway tidak tersimpan dalam smartphone secara permanen. Selain itu, data juga terenkripsi menjadi bahasa yang sulit dibaca peretas. Jadi, kamu tak usah khawatir lagi dari ancaman phising.

2. Tanpa Campur Tangan Perantara Bank

Transaksi dengan aplikasi pembayaran tersebut bisa berjalan tanpa perantara pihak ketiga atau perantara bank sendiri. Sehingga, tidak ada pihak yang memiliki kesempatan untuk mengakses data pribadi dan transaksi pengguna aplikasi. Dengan begitu, data penting nasabah terjaga sangat aman.

Manfaat Payment Gateway untuk Penjual

Ada beberapa kelebihan aplikasi payment yang dapat dirasakan penjual atau pihak merchant. Aplikasi ini memiliki manfaat sebagai berikut.

1. Tak Perlu Buat Banyak Rekening di Banyak Bank

Penjual tidak perlu membuka rekening di banyak bank. Payment gateway di Indonesia tejntu sudah bekerja sama dengan beberapa bank yang cukup populer di masyarakat Indonesia.

Cukup dengan satu rekening, kamu bisa menggunakan transfer uang untuk ke rekening penerima. Bahkan, mengirim dana ke rekening yang berbeda bank pun bisa dengan harga yang lebih murah.

2. Auto-Report

Laporan transaksi langsung muncul begitu transaksi selesai. Sehingga riwayat transaksi sebelumnya dapat diamati.

3. Berbagai Bentuk Pembayaran

Dengan payment gateway, penjual bisa melakukan berbagai bentuk transaksi atau pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan lewat kartu kredit yang diterbitkan beberapa bank ternama. Bisa juga berfungsi sebagai e-wallet sehingga dapat dipakai untuk transfer uang antarpengguna aplikasi pembayaran ini.

Manfaat Bagi Pembeli

payment gateway memudahkan pembeli

1. Pembayaran Lebih Praktis

Manfaat payment gateway yang bisa dirasakan pembeli adalah kemudahan pembayaran. Dengan membayar secara online, pembeli tidak perlu menunggu diberi uang kembalian karena nominal uang bisa dibayar dengan nilai yang bisa disesuaikan.

Berbeda saat bertransaksi dengan uang cash. Jika barang yang dibeli lebih murah daripada nilai uang cash yang diberikan, maka penjual harus memberikan uang kembalian. Hal ini sering merepotkan penjual dan pembeli sendiri. Penjual harus mencari-cari uang receh dan pembeli harus lebih sabar menunggu.

Belum lagi jika uang receh yang dikumpulkan pembeli hanya dibiarkan menumpuk bahkan dibiarkan berserakan di meja atau lemari saja. Hadirnya aplikasi pembayaran tersebut tentu membuat berbagai bentuk pembayaran menjadi lebih praktis.

2. Lebih Untung karena Promo

Beberapa payment gateway memberikan beberapa keuntungan lebih kepada pembeli melalui program atau promo yang ditawarkan. Kamu sebagai pembeli bisa mendapatkan diskon belanja di merchant yang bermitra dengan salah satu payment gateway.

Kamu juga bisa dapat bonus berupa Point untuk setiap transaksi dengan syarat tertentu, yang sewaktu-waktu bisa ditukarkan dengan suatu produk secara gratis. Mantap kan?

Itulah beberapa hal mengenai payment gateway di Indonesia yang perlu kamu tahu. Kamu sudah mempelajarinya mulai dari pengertian, aspek yang harus diperhatikan, hingga manfaat bagi pihak penjual dan pembeli.

SSP© sebagai Payment Gateway dengan Keamanan Absolut

Pembayaran online memang tidak mengharuskan pembeli dan penjual untuk bertemu langsung. Karena berlangsung secara online, maka ada celah yang bisa dimanfaatkan hacker untuk meretas transaksi.

Melalui teknik tertentu, hacker bisa mencuri data rahasia seperti PIN, nomor kartu kredit, dan password aplikasi fintech. Mereka juga bisa mengalihkan transaksi untuk kepentingan mereka walau harus melalui kurir di suatu negara.

Adanya risiko kejahatan siber seperti itu tentu menjadi perhatian serius bagi PT Sydeco. Untuk menangkal kejahatan siber tersebut, PT Sydeco menciptakan produk berupa aplikasi payment gateway bernama Secure System of Payment (SSP).

Kelebihan utama yang dimiliki SSP adalah sistem keamanan absolut atau absolute safety. Dengan kelebihan ini, tentu pengguna tidak perlu khawatir lagi kalau data rahasia dan data transaksi diretas hacker melalui teknik apapun. Kegiatan jual dan beli pun lebih tenang.

Sistem keamanan SSP mampu mempersempit berbagai celah yang mungkin dibobol hacker. Pertama, pembayaran dengan SSP tidak menggunakan perantara pihak lain. Sehingga tidak memungkinkan oknum untuk mengakses data transaksi. Kedua, data transaksi terenkripsi dalam tulisan yang sulit dibaca hacker. Hal ini tentu membuat hacker kewalahan untuk berusaha meretas sistem SSP.

Banyak Points dan Ada Bonus Tiap Bulan bagi Pengguna Aktif SSP

Di atas sudah dijelaskan bahwa salah satu keuntungan menggunakan payment gateway adalah bonus Point tiap transaksi tertentu. Hal ini berlaku juga untuk SSP.

Tidak hanya Points saja, SSP juga menawaekan Bonus Bulanan senilai Rp 100.000 untuk beberapa pengguna payment gateway SSP terbaik.

Anda bisa mengumpulkan banyak Points jika aktif bertransaksi membeli produk digital di SSP. Produk tersebut di antaranya pulsa, paket data, voucher game, token PLN, tagihan PLN pascabayar, pesawat telepon dari Telkom, gas pipa PGN, dan BPJS. Points yang dikumpulkan bisa ditukarkan untuk produk PPOB lagi secara gratis.

Semakin aktif beli produk PPOB di SSP, semakin besar kesempatan Anda untuk mendapatkan bonus tambahan Point senilai Rp 100.000. Mantap kan?

Baca halaman promo di sini: Berburu Point Bersama SSP.

promo point payment gateway ssp

Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menjadikan pertimbangan untukmu dalam menggunakan payment gateway yang tepat untuk mempermudah berbagai bentuk transaksi.