Tips Bisnis Wajib Diterapkan dari Nol Sampai Sukses

0
104
tips bisnis dari nol

SSP© Blog – Sudah jadi rahasia umum bahwa dunia bisnis sangat kental dengan aroma persaingan. Apa yang membedakan pebisnis yang sukses memenangkan persaingan dan yang tidak? Pebisnis sukses pasti mempunyai cara dan strategi untuk memenangkan persaingan.

Ada banyak sekali faktor yang mungkin menimbulkan hal tersebut. Tapi bisa saja faktornya ada pada Anda yang salah strategi. Untuk itu, mengevaluasi dan mengganti rencana bisnis adalah suatu keharusan. Ketika Anda memulai atau mengembangkan bisnis, Anda harus mampu berpikir strategis dan memiliki rencana bisnis terbaik.

1. Pesan Marketing yang Sederhana dan Konsisten

tips bisnis pesan

Marketing atau pemasaran yang baik adalah inti dan kunci bisnis agar tetap berjalan. Meskipun ada banyak media yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran, selalu jaga kualitas pesan marketing Anda. Penggunaan bahasa yang sederhana dan jelas tentu lebih digemari. Kualitas atau gaya pesan marketing tersebut peru disusun secara konsisten di media manapun.

Anda bisa menonjolkan beberapa kelebihan produk atau jasa Anda. Apakah produk atau jasa Anda murah, cepat, aman, atau lainnya? Jika harga murah adalah keunggulan produk Anda, maka gunakan kata-kata murah dalam pesan marketing.

2. Cintai Klien dan Pelanggan Anda

tips bisnis cinta klien

Dalam berbisnis sangat mungkin untuk kehilangan klien lama ketika Anda fokus mencari pelanggan baru. Selalu ingat bahwa dalam kasus ini, “Old Is Gold”. Ya, tua adalah emas. Semakin tua usia bisnis, maka semakin bagus branding di mata konsumen.

Pemasaran yang kuat akan membawa Anda pada klien yang baru, tetapi kualitas layanan Anda adalah apa yang akan membuat mereka datang kembali.

3. Kenali Bisnis Anda

tips mengenali bisnis

Siapa pesaing utama Anda? Siapa yang berpotensi menjadi kompetitor Anda? Apa topik hangat seputar bidang bisnis Anda sekarang? Jika Anda menjalankan bisnis jualan kacang, tips bisnisnya Anda harus tahu kapan musim kacang, di mana daerah penghasil kacang terbaik, apa manfaat kacang untuk kesehatan, dan berbagai topik lain seputar kacang.

Baik sebelum maupun setelah memulai bisnis, Anda harus mempelajari itu semua. Selama menjalankannya pun Anda harus selalu update informasi seputar bidang yang Anda tekuni.

4. Biarkan Mereka Mengetahui Rasanya

tips bisnis mengenalkan rasa

Apakah Anda tahu mengapa berbagai macam toko kue memberikan sampel gratis? Hal ini agar orang yang mencoba sampel produk akhirnya membeli. Tips bisnis ini memberi kesempatan kepada calon konsumen untuk merasakan produk yang dijual. Mereka mencoba salah satu kue dan memutuskan untuk membeli seluruh paket kue.

Tips bisnis ini memungkinkan calon konsumen untuk mengenali kualitas dan tak merasa rugi untuk membeli produk tersebut. Untuk itu, biarkan orang mencoba produk dan layanan Anda secara gratis.

5. Jadilah Ahli Pemasaran

tips bisnis jadi ahli pemasaran

Pemasaran adalah pekerjaan yang sangat vital dalam berbisnis. Untuk menjadi ahli pemasaran, Anda perlu menjadi komunikator yang sangat baik. Buat pesan yang menarik dan berpengaruh. Kemudian, sampaikain pesan tersebut dengan percaya diri sampai orang mengetahui produk Anda. Maka dari itu, tips bisnis ini tidak boleh Anda lewatkan.

6. Manfaatkan Kekuatan Media

tips bisnis dengan media sosial

Ada berbagai media, baik elektronik maupun cetak. Informasi dan cerita yang diolah wartawan maupun penulis menjadi konsumsi bagi khalayak. Pemasaran pasti butuh media untuk menyampaikan pesan terkait bisnis.

Tips bisnis untuk memanfaatkan media adalah terus menyampaikan pesan pemasaran Anda dengan jelas dan konsisten. Tapi Anda juga harus memperhatikan budget untuk beriklan. Berbeda media, tentu berbeda pula tarifnya. Bukan rahasia umum lagi bahwa iklan di TV cenderung lebih mahal jika dibandingkan beriklan di media sosial.

Jangan hanya melakukan pemasaran langsung atau hardselling. Anda juga harus membuat pesan pemasaran softselling melalui cerita menarik. Misalnya, cerita tentang keluarga atau apapun yang mampu memengaruhi emosi pembaca. Anda bisa menyelipkan pesan marketing pada cerita tersebut.

7. Hubungan Timbal Balik

tips bisnis relasi

Sebagai pelaku bisnis pasti akan berelasi dengan berbagai orang. Tidak hanya dengan pelanggan saja, tetapi juga rekan bisnis, karyawan, investor, atau mentor. Akan ada orang yang senantiasa membantu ketika Anda menemui masalah dalam bisnis Anda.

Tips bisnis yang tepat berkaitan dengan ini adalah memperlakukan mereka dengan baik. Hal itu sangat berguna untuk menjaga hubungan bisnis tetap tumbuh. Satu hal yang pasti, relasi bisnis yang kuat adalah pondasi bisnis yang baik.

Setiap bisnis pasti mensyaratkan pembayaran, bagaimanapun metodenya. Bisa pembayaran secara langsung atau cash, bisa juga secara kredit. Sekarang ini, pembayaran pun bisa dilakukan secara online. Pembayaran online tentu memberikan kemudahan dan kecepatan bagi pengirim atau penerima uang. Tentu saja metode pembayaran ini lebih memudahkan transaksi dalam bisnis.

Pembayaran online bisa dilakukan dari genggaman tangan kita. Menggunakan aplikasi payment gateway di gadget adalah salah satu tips bisnis yang dapat meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

SSP© (Secure System of Payment) diciptakan untuk memudahkan transaksi Anda. Aplikasi ini telah mendapat izin sebagai Penyelenggara Transfer Dana oleh Bank Indonesia. Dengan SSP©, Anda tak perlu ribet membuka banyak rekening. Dengan satu rekening dan akun SSP©, Anda bisa transfer uang antar-bank dengan biaya admin murah, mudah, dan cepat.

Tak hanya itu, kami juga memastikan bahwa transaksi Anda terhindar dari penipuan dan peretasan (hijacking). Aplikasi SSP© sudah didukung sistem keamanan absolut. Selain untuk transfer dana, SSP© juga dapat digunakan untuk pembayaran tagihan PLN, BPJS, beli pulsa, token listrik, dan sebagainya.

Aplikasi transfer uang teraman ini sudah tersedia di App Store dan Play Store. Tentunya dengan aplikasi pembayaran online ini dapat membantu mengelola kebutuhan bisnis anda untuk dapat berkembang lebih cepat.

Artikel penting lainnya: Raih Kebebasan Finansial Lewat Bisnis PPOB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here