SSP© Blog – Jadi, setelah mengulas dan berkenalan tentang apa itu payment gateway dan bagaimana keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapat saat menggunakan payment gateway. Hal itu bisa Anda baca di tulisan ini (Berkenalan dengan Payment Gateway, Apa Itu Payment Gateway dan Hal yang Perlu Diketahui). Kemudian hal apa kali ini? Kami ingin membahas hal yang harus dipertimbangkan saat memilih payment gateway sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tentu dalam memilih payment gateway terbaik dan teraman di Indonesia tidak boleh sembarangan. Banyak faktor yang harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum memutuskan bisnis Anda bekerjasama dengan payment gateway sehingga lebih memanjakan dan memudahkan calon konsumer Anda.

Tips memilih layanan payment gateway di Indonesia yang tepat untuk bisnis Anda

Memilih payment gateway yang responsif

Ingat pesan klasik bahwa waktu itu uang. Anda harus mengetahui dan memastikan diri terlebih dahulu bahwa integrasi sistem pelayanan payment gateway ke bisnis Anda tidak bertele-tele dan tidak membuang-buang waktu. Tentu hal ini akan lebih efisien dalam hal waktu bukan? Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam mengalokasikan hal yang penting di bisnis Anda.

Maka Anda harus memastikan bagaimana layanan payment gateway bekerja. Apakah dari seberapa cepat Anda dapat menerima pembayaran dari penjualan yang telah dilakukan hingga adanya fitur semacam notifikasi secara real-time dengan menggunakan API agar pengiriman dan penerimaan uang dapat dilakukan dengan instan. Sehingga pemanfaatan seberapa cepat uang masuk ke rekning Anda adalah hal utama.

Memilih payment gateway dari seberapa cepat layanan pertama dapat diaktifkan

Saking banyaknya layanan payment gateway di Indonesia yang beroperasi. Maka Anda harus memilah-milah dari bagaimana layanan tersebut mengaktifkan layanannya terhadap kliennya. Karena ada yang perlu menunggu untuk benar-benar diaktifkan setelah melewati beberapa tahap, ada yang perlu menunggu kembali untuk verifikasi bank terhadap kartu kredit yang digunakan. Sehingga pemilihan pun Anda harus lebih jeli agar bisnis penjualan Anda lancar.

Memilih dari berapa lama settlement time yang ditawarkan oleh layanan

Untuk alasan keamanan, layanan payment gateway membutuhkan waktu untuk melakukan validasi pembayaran. Pembayaran akan diteruskan ke perusahaan e-commerce setelah berhasil divalidasi. Umumnya, layanan payment gateway memiliki settlement time antara 4 hingga 7 hari. Nah Anda harus jeli bagaimana mencari layanan payment gateway di Indonesia yang meminimalisir waktu tersebut.

Bagaimana layanan customer support suatu payment gateway bekerja

Terkadang Anda mengalami kendala dalam melakukan implementasi sehingga Anda perlu bantuan support untuk mengelolannya. Anda perlu mengecek juga seberapa cepat layanan payment gateway bekerja untuk memperbaikinya.

Uang itu penting maka Anda harus memastikan bagaimana layanan menarik pembiayaan

Layanan payment gateway di Indonesia memiliki karakteristik berbeda dan struktur biaya yang berbeda. Hal paling umum adalah payment gateway mengenakan biaya transaki, lalu biaya bulanan atau biaya tahunan.

Maka Anda harus memastikan terlebih dahulu dan bagaimana transparansi biaya dari awal. Sehingga Anda perlu memastikan dan biaya-biaya tambahan tak terduga bisa Anda minimalisir.

Metode pembayaran yang dimiliki layanan payment gateway

Riset mengemukakan pelanggan toko online di Indonesia memiliki hal yang unik. Laporan dari World Bank Global Findex hanya 1,6% penduduk yang memiliki kartu kredit, dan 36% memiliki akun bank. Tetapi dari dominannya internet dan mobile banking lama kelamaan ini menjadikan sebuah layanan payment gateway harus mengakomodasi ceruk pasar tersebut.

Bagaimana soal layanan payment gateway menghadapi dan mengenali penipuan yang masuk

Layanan payment gateway yang baik harus memiliki sistem keamanan untuk mengurangi risiko penipuan dalam bisnis Anda. Mengingat hal-hal yang berurusan dengan kartu kredit suatu sistem akan rawan terhadap kejahatan penipuan.

Nah Anda harus peka dan melihat bagaimana layanan payment gateway mengenali indikasi penipuan. Anda perlu mengetahui bahwa layanan tersebut menerima input dari transaksi Anda lalu digunakan dalam sistem pendeteksiannya. Karena apabila tidak menerima data, sistem diindikasi kurang baik. Beberapa informasi memang dapat didapatkan dari transaksi Anda, namun seiring tumbuhnya bisnis Anda Anda akan ingin pilihan untuk memasukkan sendiri data transaksi ke dalam sistem pendeteksi ini.

Maka daripada itulah bagaimana memilih layanan payment gateway di Indonesia begitu krusial. Anda sebagai pemilik bisnis harus lebih lihai dan jeli agar bisnis Anda lancar dan tidak terkendala ke depannya. Karena dengan layanan payment gateway yang tepat maka Anda tidak perlu lagi mengkhawatirkan proses pembayaran bekerja. Sehingga Anda tinggal memberikan produk-produk yang berkualitas bagi calon pelanggan.

Jika Anda mempunyai pertanyaan bagaimana payment gateway bekerja dan tips memilih layanan payment gateway di Indonesia yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Kami di SSP© siap bekerja untuk Anda. Jangan sungkan untuk menghubungi kami.

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan