Tren Belanja Online, Ladang Subur Untuk Penipu dan Hacker

0
112
belanja online rawan penipu dan hacker

SSP© Blog – Rasanya tidak asing lagi jika mendengar belanja online. Di abad ini, hampir semua aktivitas dapat dilakukan hanya menggunakan smartphone. Tak hanya meluas ke berbagai belahan dunia, tren belanja online juga melanda kawasan asia khususnya indonesia.

Data dari Forbes menyebutkan, 150 juta penduduk indonesia adalah pengguna internet, 95 persen atau 142 juta di antaranya adalah pengguna internet via mobile. Itu artinya, dengan jumlah pengguna yang besar dan fungsionalitas mobile smartphone yang mudah, tak heran jika belanja online adalah ladang yang sangat menggiurkan untuk terjadinya transaksi.

Pernyataan tentang belanja online juga didukung pernyataan ESET dalam surveynya yakni semua negara dalam survey ESET dengan pengecualian thailand, menggunakan ponsel dengan rata-rata 61 persen responden mengatakan bahwa mereka menggunakan ponsel untuk transaksi online.

Tentu tidak mengherankan jika tren belanja online melanda seluruh dunia tak terkecuali indonesia. Belanja online menjadi mode gaya hidup baru yang dipredikasi akan bertahan untuk waktu yang lama.

Kenapa Harus Belanja Online?

kenapa harus belanja online

Banyak keunggulan yang membuat banyak orang mulai beralih ke belanja online, seperti yang dirangkum berikut ini:

1. Efisien waktu dan uang
Belanja online dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. Yup, Ini adalah salah satu kelebihan belanja online. Dengan belanja online, saat kita melakukan aktivitas lain seperti bekerja, sekolah atau bahkan saat sedang senam aerobik pun masih bisa melakukan transaksi belanja online sewaktu-waktu selama memiliki perangkat dan akses internet.

Kemudahan ini berimbas efesiensi waktu yang didapat dari pelakunya tanpa harus datang ke toko konvensional. Dengan tak perlu datang ke toko konvensional, belanja online juga dapat menghemat uang dengan tak perlu mengeluarkan ongkos biaya perjalanan. Menarik bukan?

2. Bertebaran berbagai promo menarik
Selain itu, belanja online juga memungkin kan untuk dapat membandingkan harga. Jika pada toko konvensional akan sullit membandingkan suatu produk dengan produk lain. Akan lain halnya jika dilakukan dengan belanja online, kita bisa menentukakan barang yang ingin dibeli dan mulai membandingkan satu produk dengan membuka beberapa toko sekaligus dan dari situ, tentunya akan lahir penawaran terbaik.

Belanja online biasanya juga sering menggencarkan berbagai promo menarik guna menggaet calon konsumennya. Setiap promo yang dibuat tentu akan menghemat anggaran belanja dan menjadi nilai plus tersendiri bagi penggiat belanja online.

3. Belanja online barang umum sampai limited mudah ditemui

barang umum dan limited mudah ditemui
Well see, banyak keuntungan dengan berkembangnya tren belanja online. Dari penghematan waktu bahkan sampai barang yang tidak dapat dijumpai didaerah tersebut bisa ditemukan secara mudah dengan belanja onlline.

Berkembangnya e-commerce dan ribuan olshop (online shop) juga sangat mendukung tren belanja online. Situs e-commerce biasanya menjual barang-barang umum seperti jaket, celana, alat-alat industri. Namun, olshop juga punya kelebihan lain. Biasanya olshop memiliki kelebihan tentang brand yang dijual.

Sebagai contoh seperti ketika ingin mencari pakaian dengan merk supreme, situs e-commerce biasanya tidak menjual barang originalnya, walaupun ada biasanya tidak begitu banyak varian. Berbeda dengan olshop, banyak ditemui penjual dengan barang/brand ber merk tertentu dikenal dari social media dengan barang yang dijual dan tentu reputasinya.

Fenomena ini menyebabkan semua barang yang ingin dicari dari umum sampai limited tersedia secara lengkap. Tidak mengherankan jika belanja online memiliki barang yang lengkap mengingat pelaku belanja online bisa datang dari seluruh indonesia bahkan belahan dunia lain. Semua hal ini tentu tak lepas dari tren belanja online itu sendiri.

4. Harga yang bersaing dengan toko konvensional
Ada banyak alasan kenapa harga saat belanja online lebih murah. Toko online tidak diharuskan memiliki toko fisik. Ini membuat pelaku toko online tidak mengeluarkan anggaran banyak untuk memajang produk yang dijual.

Selain itu, biasanya toko online atau online shop ini merupakan orang yang memang memiliki barang itu sendiri dengan tanpa perantara apapun. Tidak heran jika barang yang dijual bisa terlampau signifikan dengan harga pada toko konvensionalnya.

Faktor persaingan penjualan di belanja online juga turut andil berpengaruh dikarenakan penjual online yang banyak dari seluruh indonesia membuat penjual di belanja online tidak segan untuk menguruangi laba guna mendatangkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Belanja Online Rentan Penipuan Dan Hacker

belanja online rawan penipu dan hacker

Ibarat dua mata pisau, setiap ada yang baik pasti ada yang buruk. Dibalik kemudahan dalam bertransaksi belanja online, nyatanya belanja online masih menyimpan potensi resiko yang cukup besar.

Belanja online memungkinkan segala bentuk dan jenis transaksi antara penjual dan pembeli dilakukan secara online serta setiap transaksi yang dilakukan antar ke penjual dan pembeli tidak diharuskan untuk bertemu secara langsung (kecuali COD).

Hal ini membuat kejahatan cyber belanja online seperti penipuan, hacking dapat mengintai sewaktu-waktu. Hampir tiap hari (atau bahkan setiap hari) kasus dan pemberitaan media tentang penipuan sangat banyak “berceceran” baik dikoran, forum jual beli maupun jendela browser milik kita masing-masing.

Kerugian yang ditimbulkan dari belanja online pun bervariasi, bisa jadi malah melebihi gajimu selama sebulan. Di media sosial atau forum jual beli pun tak jarang banyak dari kita melihat kasus penipuan belanja online yang tentu semakin lama membuat kita merasa agak risih untuk bertransaksi belanja online. Untuk itu tetap dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian dalam ber belanja online.

Payment Gateway Untuk Keamanan Transaksi Belanja Online

payment gateway untuk keamanan transaksi

Sudahkah mengenal payment gateway? Payment gateway adalah layanan aplikasi yang dapat memberikan otoriasi pemrosesan kartu kredit ataupun pembayaran langsung oleh penggunanya didalam transaksi onlline. Lalu apa hubungan payment gateway dengan keamanan transaksi belanja online?

Menggunakan payment gateway untuk transaksi belanja online tidak hanya mengamankan transaksi belanja online mu dari pencurian ataupun penipu, Namun lebih dari itu. Menggunakan payment gateway untuk belanja online juga memberikan rasa aman bertransaksi dan pembayaran guna memperlancar proses belanja online itu sendiri.

Belanja online menggunakan payment gateway lebih terjamin keamanannya jika dibandingkan dengan melakukan transaksi yang tidak melalui payment gateway. Ini dikarenakan metode canggih yang ada dan diterapkan dapat mendeteksi terjadinya penipuan seperti sistem yang dimiliki SSP.

Saat ini, SSP sudah tersedia di Play Store dan App Store untuk memudahkan pengguna memakai payment gateway sebagai proteksi bertransaksi belanja online.

Menggunakan payment gateway untuk belanja online sangat menguntungkan baik untuk penjual dan pembeli. Baik dari sisi pembeli diuntungkan dengan rasa aman transaksi yang dilakukan, tidak khawatir dengan penipuan yang marak.

Dari sisi penjual pun, pembeli akan lebih percaya sehingga transaksi untuk belanja online lebih cepat terjadi. Menggunakan payment gateway juga dapat memberikan reputasi yang baik bagi pelaku bisnis belanja online/penjual.

Artikel menarik lainnya: 6 Hal Ceroboh Ini Sebabkan Akun Mudah Dihack

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here